9.4.20

SideBar

It's NOT Democracy!♪ Negara dengan sistem kerajaan/kesultanan (monarki) cenderung lebih sejahtera dan stabil dibanding dengan negara yang menganut sistem demokrasi?

♪ Dalam negara demokrasi, kepemilikan & keberpihakan menjadi tidak jelas. Semua fihak (luar dalam) bisa "bermain"





PAJABAT, PAMINGPIN, PANGUASA
 
Untuk para pemimpin...
Dari Abu Musa r.a. berkata: "Aku dan dua orang lelaki dari anak cucu pamanku masuk ke tempat Nabi saw. Lalu salah seorang dari lelaki tersebut berkata: 'Ya Rasulullah, angkatlah kami sebagai pengurus untuk mengurusi sebagian apa yang Allah serahkan pengurusannya itu kepadamu'. Dan yang seorang lagi juga mengatakan seperti itu. Maka jawab Rasulullah saw.: 'Demi Allah, sungguh kami tidak akan menyerahkan kepengurusan atas pekerjaan ini kepada seseorang yang memintanya, atau kepada seseorang yang sangat menginginkannya (ambisi)'." (HR Ahmad, Bukhari & Muslim).

Untuk yang belum jadi pemimpin...
"Janganlah kamu meminta jabatan dalam pemerintahan. Karena jika kamu diberi jabatan karena permintaanmu, maka bebanmu sungguh berat. Tetapi jika kamu diberi jabatan tanpa kamu minta, maka kamu akan dibantu oleh orang banyak" (HR Muslim dari Abdurrahman bin samurah r.a.)

Jabatan adalah amanah, jabatan akan menjadi penyesalan kelak JIKA itu tidak dipenuhi dengan benar...
Abu Dzar ra berkata: Saya bertanya, "Ya Rasulullah mengapa engkau tidak meberiku jabatan?" Maka Rasulullah menepukan tangannya pada pundakku, lalu Beliau bersabda: "Hai Abu Dzar, sungguh kamu ini lemah, sedangkan jabatan adalah amanah, dan jabatan itu akan menjadi kehinaan serta penyesalan pada hari kiamat, kecuali bagi orang yang memperolehnya dengan benar dan melaksanakan kewajibannya dalam jabatannya" (HR Muslim)


KORUPSI?

Umar bin al-Khaththab ra. saat menjadi khalifah, begitu terkenal dengan kata-katanya yang menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang penguasa agung (al-imâm al-a’zham): “Seandainya ada seekor keledai terperosok di kota Bagdad karena jalan rusak, aku khawatir Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban diriku di Akhirat nanti.”

Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah didatangi putranya saat dia sedang berada di ruang kerjanya dan kemudian bercerita tentang keluarga dan masalah yang terjadi di rumah. Seketika itu Umar bin Abdul Aziz mematikan lampu ruangan dan anaknya bertanya, “Mengapa ayah mematikan lampu sehingga hanya berbicara dalam ruangan yang gelap?” Dengan sederhana sang ayah menjawab, “Lampu minyak yang kita gunakan ini adalah amanah dari rakyat yang hanya dipergunakan untuk kepentingan pemerintahan bukan untuk urusan keluarga.”

 
4 Kriteria Pemimpin dalam Islam…

FAST (Fatonah, Amanah, Sidiq & Tabligh)
Fatonah: pintar/cerdas; Amanah: memegang janji & dapat dipercaya; Sidiq: benar/jujur; Tabligh: menyampaikan…

Obat Korupsi?
  • No... Suap!Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat orang yang menyuap dan orang yang menerima suap.” (HR Abu Dawud & Tirmidzi)
  • Tidak berminat atau tergiur atau gatel dengan sesuatu yang bukan haknya atau miliknya. ...walaupun "sesuatu yang bukan haknya itu" ada di hadapan dan dalam kendalinya!
  • Meninggalkan atau menghindari sesuatu yang bersifat syubhat! (tidak jelas statusnya).
Sesungguhnya yang halal sudah jelas dan yang haram sudah jelas, di antara keduanya ada perkara syubhat yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barang siapa berhati-hati dengan yang syubhat, ia telah memelihara agama dan kehormatannya. Barang siapa yang terjatuh pada syubhat, maka ia telah terjerumus pada yang haram”. (HR Muslim)

..., dan barang siapa yang melakukan tindakan syubhat, maka ia telah melakukan tindakan yang haram, sebagaimana halnya seorang penggembala yang menggembalakan kambingnya di seputar pagar (tanah milik orang lain), kadang-kadang bisa jatuh melewati pagar itu. Ketahuilah sesungguhnya setiap penguasa memiliki pagar pembatas, dan sesungguhnya pagar (batas) Allah adalah apa yang diharamkannya.” (HR Bukhari)
  • Zuhud & Qana'ah

Must Read: Dalil2 Kehidupan Dunia!

No comments:

Post a Comment